ZIARAH MAKAM VIRTUAL

ZIARAH MAKAM AULIYA’ VIRTUAL
TEROBOSAN DI TENGAH PANDEMI

Ponorogo,WG (12/7) Pandemi Covid  19 melahirkan ide ide kreatif masyarakat dalam menjalankan aktifitas, tak terkecuali bidang sosial,keagamaan. Ziarah makam sebagai kegiatan wisata religi biasa dilakukan dengan rombongan yang diikuti jamaah. Karena pandemi, kegiatan yang melibatkan berkumpulnya orang dibatasi dan sementara terhenti. Majlis Ta’lim Virtual “Al Maghfury” Ponorogo melakukan terobosan dengan mengadakan kegiatan ziarah makam Virtual melalui Aplikasi “Zoom” (Live) untuk menjembatani jamaah agar tetap bisa Ziarah meski di rumah. Kegiatan ini akan berlangsung tanggal 8-9 Agustus mendatang, dengan Lokasi Tujuan : Makam Batoro katong, Makam Tegalsari (Ponorogo), Makam Sunan Tembayat (Klaten), dan Makam Kyai Achmad Siroj/Mbah Siroj area PP.Az Zayyadi Pimp.KH.Abdul Karim Ahmad/Gus Karim (Laweyan-Solo)

Pengguna gadget saat ini semakin meluas dari berbagai kalangan dan usia, Majlis ta’lim  Virtual diharapkan memberikan kontribusi agar pemanfaatan gadget digunakan untuk hal-hal positif. Ziarah makam auliya’ Virtual adalah salah satu kegiatan Majlis ta’lim, kegiatan pengajian rutin juga akan dilakukan secara virtual selama pandemi covid-19 belum reda”, tutur Nyai Susi Nariati (Ketua Majlis Ta’lim Al Maghfury)

Kendala Teknis

Sejak diluncurkan (10/7) tiga hari lalu telah ratusan peserta yang mendaftar, dari dalam dan luar negeri terutama pekerja migran, pelajar/mahasiswa yang tinggal di luar negeri, diantaranya dari Rusia, Taiwan,Hongkong dan Negara timur tengah. Masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan ini dapat mengakses Link : https://bit.ly/mtvalmaghfury , dengan mengisi form registrasi, dan akan mendapatkan “ID ROOM dan password” yang dikirim via email, bagi yang belum memiliki “aplikasi zoom” dapat mengunduh di “playstore” dan join dengan ID Room dan password yang telah diterima.


Penggunaan Aplikasi Zoom belum sepenuhnya dipahami masyarakat “ kami telah menerjunkan Tim yang dapat memberikan tutorial atau “Tim Edukasi” yang terdiri dari remaja milenial, diharapkan dapat membantu peserta bila mengalami kendala” tutur Ida Kusumaningsih ( Sekretaris Majlis Ta’lim Virtual). Lebih jauh Ida menjelaskan “ kebutuhan Internet data untuk Ziarah Makam Virtual ini kurang lebih 1GB, jadi cukup efisien.  kegiatan ini gratis untuk umum, kami menyediakan 1GB data untuk 100 peserta pendaftar pertama”

Ziarah makam auliya’ ini bertujuan memberikan edukasi bagi masyarakat terutama generasi milenial untuk memahami perjuangan para ulama’, memberi warna dan menginspirasi kehidupan mereka, mengenalkan cagar budaya/situs sejarah, dan secara umum berdoa bersama untuk kebaikan dunia akherat, tutur Nyai Susi Nariati, menambahkan. (Lyn)

Ziarah Auliya’ was Sholihin
Kontak Whatsapp - Tim Edukasi :
+62 853-3173-5434, +62 853-3080-2881, +62 812-3373-5509, +62 815-5962-6217, +62 852-5943-7111, +62 852-5969-0625, +62 857-4889-6537


Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

3/recent/post-list

Support

3/recent/post-list